Alessandro Del Piero

Alessandro Del PieroAlessandro Del Piero adalah seorang pemain bola kenamaan asal Italia. Del Piero demikian ia biasa dipanggil lahir pada 9 November 1974 di Conegliano, Veneto, Italia.

Del Piero berposisi sebagai penyerang ataupun gelandang serang. Ia adalah salah satu pemain depan yang paling ditakuti baik di Liga Italia maupun pada level Eropa.

Memulai karir di klub padova (seri B) pada tahun 1991. Pada tahun 1993, Del Piero memperkuat klub besar Juventus. Pada saat itu, Roberto Bagio ikon Juventus pada saat itu harus tersingkir oleh kedatangan Del Piero.

Selama memperkuat Juventus, Del Piero, pernah mengalami masa puncak yaitu saat membawa juventus tiga kali berturut turut tampil di final Liga Champion Eropa. Final Pertama saat Juventus berhasil menjuarai Liga Champion tahun 1996. Tahun 1997, Juventus ia bawa lagi ke final tetapi kalah dari klub jerman Borusia Dortmund. Tahun 1998 giliran Real Madrid yang menjadi juara dengan mempecundangi Juventus.

Setelah itu Del Piero sekali lagi membawa Juventus ke final tahun 2003. Pada saat itu, giliran AC Milan yang mempecundangi mereka.

Tercatat, Del Piero membawa Juventus juara liga Italia tahun 1997, 1998, 2002, 2003, 2005 dan 2006 (dibatalkan karema kasus pengaturan skor pertandingan). Pada level Timnas, Ia berhasil membawa Italia menjadi Finalis pada piala eropa 2000 di Belanda - Belgia. Prestasi tertinggi ia capai tahun 2006 dengan menghantarkan Italia Juara dunia 2006 di Jerman.

Salah satu keahlian Del Piero adalah melakukan tendangan bebas. Tendangan bebas Del Piero dinilai hampir sama kualitasnya dengan milik David Beckham.

Bagi masyarakat Italia khususnya kota Turin ia adalah legenda yang akan susah mencari penggantinya. Dedikasi yang besar meskipun Juventus harus bermain di Seri B adalah bukti yang tidak bisa dibantah lagi. Beberapa nama besar pernah bermain dengan Del Piero antara lain : Zinedine Zidane, Nedved dll.

Informasi Pribadi
Nama lengkap : Alesandro Del Piero
Tanggal lahir : 9 November 1974
Tempat lahir : Conegliano, Veneto, Italia
Tinggi : 1,73 m
Posisi Bermain : Penyerang (FL) atau gelandang serang (AMC)

Informasi Klub
Klub saat ini : Juventus
Nomor : 10

1 Response to "Alessandro Del Piero"