Thierry Henry

Thierry HenryThierry Daniel Henry atau yang lebih dikenal dengan Thierry Henry adalah seorang pemain sepak bola asal Prancis. Henry dikenal karena kecepatannya baik saat membawa bola atau tanpa bola.

Thierry Henry dilahirkan di Prancis 17 Agustus 1977. Henry tumbuh dan besar di Prancis. Bakat sepak bolanya dimulai saat Henry mulai bergabung dengan AS Monaco tahun 1990. Thierry Henry mulai melakukan debut untuk AS Monaco tahun 1994.

Karir Thierry Henry di tim nasional Prancis dimulai saat Prancis menjadi tuan rumah piala dunia 1998. Pada tahun itu juga ia berhasil mempersembahkan gelar bagi tim nasional Prancis.

Setelah piala dunia 1998 berakhir, Thierry Henry bergabung dengan Juventus. Tetapi selama membela Juventus, karir sepak bola Thierry Henry tidak berkembang bahkan menunjukkan penurunan.

Tahun 1999 tawaran datang dari klub sepak bola inggris, Arsenal. Dengan nilai transfer 10,5 pound pada saat itu, Thierry Henry memulai petualangannya di Liga Inggris.

Di Arsenal di bawah asuhan Arsene Wenger, Thierry Henry berkembang menjadi striker menakutkan di Eropa. Walaupun Arsenal kesulitan di liga, Henry tetap muncul sebagai pencetak gol terbanyak hampir setiap musim. Henry menjadi penyerang yang sangat terkenal dan pencetak gol terbanyak di Arsenal, dengan 226 gol.

Bersama The Gunners, Henry dua kali memenangkan liga Inggris dan tiga piala FA. Itu dilengkapi rekor tidak pernah kalah Arsenal di musim 2003-2004. Henry dua kali menjadi PFA Player of the Year dan tiga kali menjadi Football Writers Association Footballer of the Year. Tetapi selama itu, ia tidak pernah menjuarai Liga Champion. Prestasi terbaik Henry di liga champion bersama Arsenal adalah menjadi Finalis UEFA Champion League di tahun 2006.

Karena alasan itu pula, Henry pindah ke Barcelona di musim panas 2007. Sebuah keputusan tepat, karena tahun 2009 ia memperoleh piala tertinggi di level klub eropa.

Kolaborasi Henry, Messi dan Samuel Eto,o telah menciptakan trio paling menakutkan di musim 2008/2009. Kesuksesannya membuat Henry menjadi salah satu pemain sepakbola yang paling menjual; Henry sering tampil dalam iklan untuk Nike, Reebok, Renault dan Gillette.

Informasi Pribadi
Nama lengkap : Thierry Daniel Henry
Tanggal lahir : 17 Agustus 1977.
Tempat lahir : Les Ulis, Essonne, Prancis
Posisi bermain : Striker / gelandang

Klub
1990 - 1998 : AS Monaco
1998 - 1999 : Juventus
1999 - 2007 : Arsenal
2007 - ........ : Barcelona

No Punggung : 14




0 Response to "Thierry Henry"

Posting Komentar