english premier league

english premier league trophyLiga Utama Inggris (bahasa Inggris: Premier League, dahulu F.A. Premier League) umum disebut dengan Barclays Premiership adalah kompetisi antara klub sepak bola di Britania Raya. Saat ini Premier League merupakan liga lokal yang paling bergengsi di eropa.

Ini dikarenakan dalam beberapa tahun terakhir, klub Premier League sangat mendominasi Liga Champion, dari empat semi finalis Liga Champion bisa diikuti tiga klub Premier League.

Liga sepak bola di inggris sebenarnya sudah dimulai hampir seabad silam. Dalam selang waktu selama itu, klub liga inggris saling bergantian mendominasi. Tercatat Liverpool merupakan tim yang merajai liga inggris di tahun 80-an dan menjadi pemilik rekor juara di liga Inggris.

Baru di musim 2008/2009, raihan rekor juara Liverpool bisa disamai oleh Manchester United. Tetapi kondisi menjadi berbalik bagi Liverpool ketika Premier League mulai digulirkan musim 1992/1993. Tak sekalipun Liverpool meraih gelar juara, berbeda ketika mereka biasa meraihnya bersama Ian Rush. Sebaliknya Manchester United begitu mendominasi kompetisi.

Tercatat semenjak digulirkan Premier League, Manchester United sudah meraih 11 gelar. Adapun daftar peraih gelar Premier League antara lain :
Dari Premier League ini, peringkat satu sampai empat akan mengikuti liga champion, (1-3) lolos langsung sedang peringkat 4 melalui play off. Peringkat 5 ke piala UEFA, sedang peringkat 6 dan 7 bisa ke piala uefa tergantung dari hasil kompetisi lokal yang lain (FA dan piala Liga). Peringkat 18 sampai 20 akan terdegradasi.

0 Response to "english premier league"

Posting Komentar