Camp Nou

BarcelonaStadion Camp Nou, terletak di Barcelona, Spanyo. Stadion Camp Nou merupakan kandang dari klub FC Barcelona.

Siapa yang tidak kenal klub sepakbola FC.Barcelona?
FC.Barcelona adalah salah satu klub elite di Eropa. Koleksi tiga gelar Liga Champion cukup menggambarkan bagaimana kekuatan klub tersebut. Gelar terakhir diraih musim 2008-2009 Liga Champion.

Musim 2008-2009 menjadi puncak prestasi Klun yang bermarkas di Camp Nou dengan meraih treble winners. Selain Liga Champion gelar yang diraih adalah gelar La Liga dan piala raja Spanyol.

Markas dari FC. Barcelona adalah Camp Nou yang berarti "tanah baru", dibangun pada 1957 dan berdaya tampung kurang lebih 90.000 orang (kurang lebih sama dengan Stadium Gelora Bung Karno Laughing).

Dari kejauhan sudah tampak kemegahan stadium kebanggaan warga catalan itu. Bendera Fc. Barcelona terlihat dipajang di mana-mana.

Memasuki Stadium
Begitu memasuki stadion terlihat patung Johan Cruff, salah seorang legenda dari FC.Barcelona.
Kesan pertama ketika menjejakkan kaki ke dalam stadium adalah stadium itu tidak tampak seperti stadium. Desainnya memang sangat mewah dan tentunya sangat berbeda kelas dengan stadium-stadium yang ada di IndonesiaTongue out. Lantainya terlihat sangat berkilau dan para pejalan kaki dilengkapi dengan walking elevator seperti yang ada di bandara Soekarno Hatta atau di Changi. Ruang ganti juga dilengkapi shower dan jacuzzi seperti yang ada di tempat-tempat fitness yang elite di Jakarta. Cool

Museum dan Shopping Center
Ketakjuban sebenarnya belum jua sirna, beranjak ke museum dan shopping centre. Asiknya,lokasi museum dan shopping centre ini masih berada dalam komplek stadium sehingga Memasuki museum, pengunjung akan disuguhkan oleh foto-foto pemain barca dari jaman dulu sampai sekarang. Pemain-pemain legenda pun banyak dipajang di sini termasuk Ronaldo yang perna menjadi pemain terbaik dunia. Di museum ini juga ditampilkan kostum pemain legenda Barca dan juga dipamerkan piala-piala yang pernah diraih oleh Barca di semua kompetisi yang pernah diikutinya yaitu la liga, liga champion,winners cup dan lain-lain.
Di antara semua pajangan yang ditampilkan di museum itu ada satu foto yang cukup menarik, yaitu foto pada saat Barca berhasil mengalahkan Madrid dengan skor 6-0. Dari foto ini kita bisa menyaksikan betapa rivalitas antara Real Madrid dan Barcelona begitu mendarah daging. Mungkin di Indonesia kelasnya sama dengan Persija vs Persib.

Lokasi : Barcelona, Spanyol
Koordinat : 41°22′51.20″N 2°7′22.19″E
Pelepasan Tanah : 28 Maret 1954
Dibuka : 24 September 1957
Biaya Pembuatan : 288 juta peseta
Arsitek : Francesc Mitjans-Miró
Lorenzo García Barbon
Josep Soteras Mauri
Pemakai : FC Barcelona
Kapasitas : 98.772
Ukuran Lapangan : 105 m x 68 m
























0 Response to "Camp Nou"

Posting Komentar